Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Supaya Operator Internet Tidak Tahu Situs Apa yang kamu Buka

Tor Browser


Operator Internet bisa mengetahui situs apa saja yang kamu buka. Walaupun, kamu menggunakan mode penyamaran atau incognito window. Internet service Provider tetap bisa melihat riwayat penelusuranmu di dunia maya. Ada cara untuk mengakali supaya ISP yang kamu pakai tidak mengetahu riwayat penjelajahan internetmu. Saat ini, orang-orang mengantisipasinya dengan menggunakan TOR Browser.

TOR Browser adalah aplikasi atau software open source dari tor_project. Software ini bisa kamu download dan install di PC dan aplikasinya bisa kamu donwload dan install di smartphone. Tor Browser tidak menjamin data riwayat penjelajahan internet-mu tersembunyi. Kamu harus benar-benar menaati semua ketentuan, seperti hanya mengakses website dengan url https dan tidak menggunakan extension apapun pada browser tersebut selain yang direkomendasikan oleh tor_project sendiri.

Selain itu, untuk memastikan kamu benar-benar tersembunyi, kamu juga harus memastikan aplikasi lain tidak yang terinstal di device yang kamu gunakan dalam keadaan mati. Karena aplikasi yang memilki ijin untuk melihat aktivitas aplikasi lain bisa saja mencuri data penelusuranmu. Jaman sekarang ini, catche bisa dijual. Catche bisa berisi hal-hal yang kamu lakukan di dunia maya dan itu berharga buat perusahaan periklanan. Apalagi, bila kamu sering berbelanja online.

Download dan Install Tor Browser Di PC

Kamu bisa menginstall tor browser untuk PC melalui website Tordotproject. Klik link download berwarna ungu tersebut. Setelah download, silahkan install di Komputer yang kamu gunakan. Beberapa orang beranggapan, kalau menggunakan tor browser saja belum pasti aman. Apalagi bila kamu hendak menelusuri dark link (deep web).

Bila kamu ingin memaksimalkan keamanan privacy dunia maya, kamu bisa menggungkan tor browser dengan software VPN. Saat ini, ada banyak jenis software VPN yang bisa kamu gunakan, mulai dari VPN gratis sampai yang berbayar.  Berikut ini adalah 5 VPN yang paling populer di tahun 2019 ini:

  • Cyber Ghost
  • NordVpn
  • ExpressVPN
  • IPVanish
  • TunnelBear
Silahkan search di google untuk melihat lebih detail mengenai daftar VPN tersebut. 


Download dan Install Tor Browser di HP

Ada dua versi Tor Browser apk yang sekarang beredar. Bila kamu download Tor dari Google play, kamu akan mendownload Orbot dan Orfox apk secara terpisah. Kamu juga bisa mendownload apk ini dari berbagai app store. Tetapi, dari penelusuran yang saya lakukan, mereka orang-orang dark web tidak menyarankan untuk mendownload tor apk dari pihak lain selain dari website tordotproject langsung.

Jadi saya sarankan supaya kamu download apk-nya langsung dari website tordotproject. Apk tor browser yang kamu download dari website tordotproject sudah langsung satu paket. Jadi kamu tidak perlu lagi menginstall orfox. Kamu bisa memilih jenis apk yang ingin kamu donwload, karena di sana tersedia juga untuk android, ios, Linux dan windows phone.

Setelah aplikasinya kamu install, silahkan buka. Tunggu sampai Tor mencoba menyambungkanmu ke jaringan tor. Setelah Tor tersambung, klik thumnail orfox yang ada di bawah. Setelah kamu masuk ke browser, klik pengaturan dan sesuaikan dengan keinginan kamu. Kamu bisa mencegah tracking, catche dan lain-lain.

Nah itu dia cara berselancar yang lebih aman di dunia maya bila kamu ingin mengakses sebuah website dan tidak ingin ada yang mengetahuinya. Sekali lagi, tidak ada yang bisa menjamin kerahasiaan data-datamu di dunia maya, bahkan bila kamu sudah menggunakan tor dan VPN.

Berlangganan via Email