Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghilangkan suara Berisik di Audacity (Reducing Background Noises)

"Halo Guys" kali ini, saya akan membagikan tips mudah yaitu cara menghilangkan suara ribut atau background noises di audacity. Menggunakan audacity di rumah yang dekat dengan jalan raya pasti kualitas suara rekamannya tidak terlalu bagus karena suara dari jalan raya terdengar. Beda lagi kalau lagi hujan, suara tetesan hujan bisa menjadi sangat mengganggu. Kalau kasus yang sering saya hadapi adalah suara kipas angin yang sangat mengganggu.

Tenang aja guys, setelah membaca ini, dipastikan kamu akan mengetahui bagaimana cara menghilangkan suara-suara berisik tersebut. Metode ini bisa kamu gunakan untuk memastikan kualitas suara mu saat bernyanyi di audacity terdengar lebih bersih. Atau membuat proyek dubbing film yang sedang kamu garap berjalan mulus. Lihat Gambar di bawah ini Guys!

Mengenal Grafik Suara berisik di Audacity


Gambar di atas adalah grafik suara rekaman saya saat mencoba bernyanyi di Audacity. Bila kamu lihat grafik yang saya kurung dengan warna merah adalah murni suara berisik karena pada saat itu saya belum bernyanyi sama sekali. Nah, saya mulai bernyanyi setelah kota yang saya tandai dengan warna orange. Tahukah kamu, suara berisik pada kotak merah juga terdapat diantara rekaman suara-mu atau terdapat di-sepanjang rekaman suara mu. Dan itulah yang akan kita hilangkan.

Mengurangi suara ribut audacity

Langkah Pertama adalah bold (select) Grafik suara yang murni hanya suara berisik saja. Lihat gambar di atas! Kemudian masuk ke menu Effect dan pilih Noise Reduction! Kamu akan melihat pop up window seperti gambar sebelah kanan. Pilih 'Reduce' bukan 'Residue' Kemudian klik Get Noise Profile! - Kamu juga bisa mengatur DB, Sensitivity dan bands sesuai selera kamu, kalau kamu tidak mengerti abaikan saja. Yang penting klik dulu reduce baru klik get noises Profile!. Setelah klik Get noises profile, kamu akan kembali ke grafik. Lihat gambar di bawah ini!


Langkah Kedua adalah pilih semua grafik suara yang ingin kamu hilangkan suara ribut nya. Lihat Gambar di atas. Kemudian masuk ke menu effect dan klik Repeat Noise Reduction. Sistem akan memproses dan setelah selesai, coba putar ulang rekaman suara mu dan dipastikan suara berisik tersebut telah hilang. Bila masih ada, coba ulang-i prosesnya dan atur db, sensitivity dan bands-nya lebih tinggi.

Kesimpulan
Jadi cara kerjanya adalah audacity akan mengenali suara berisik pada awal grafik dimana kamu belum bernyanyi atau belum bicara dengan menggunakan menu effect dan get noise profile. Setelah audacity mengenali jenis suara yang berisik tersebut, silahkan pilih semua grafik rekaman yang ingin kamu bersihkan dari suara berisik. Masuk lagi ke menu effect dan klik repeat noises  reduction untuk semua grafik suara.

Jadi begitulah guys cara menghilangkan suara berisik di audacity. Caranya gampang sekali bukan. Apabila kamu punya pertanyaan seputar audacity, silahkan tanyakan di kolom komentar ya guys. Silahkan di share apabila posting-an ini bermanfaat menurut kamu. Tetap sehat dan tetap semangat!