Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batas Waktu Pembayaran Listrik pasca bayar dan Sanksi-nya 2019

PLN mengumumkan batas waktu pembayaran listrik pasca bayar (non-token) untuk tahun 2019 adalah sebelum tanggal 20 setiap bulan. dikutip dari posting-an @plnjogja di Instagram menghimbau masyarakat untuk membayarkan tagihan listrik sebelum tanggal 20 setiap bulan. Menunggak pembayaran listrik akan dikenakan sanksi yang tidak tanggung-tanggung yaitu pemutusan layanan sementara hingga pemutusan dan pembongkaran dengan menghilangkan status pelanggan.

Batas dan sanksi pembayaran listrik 2018

Ternyata PLN tidak main-main loh guys dengan sanksi pemutusan layanan pln bila kita telat bayar. Buktinya, dilihat dari beberapa komentar di akun pln banyak juga yang curhat mengenai pemutusan layanan pln karena telat bayar.

Sanksi Menunggak Pembayaran Listrik

Pln melalui media social sudah sering mensosialisasikan tentang tindakan pemutusan layanan listrik apabila pelanggan tidak membayarkan tagihan listrik tepat waktu. Ternyata, itu bukan hanya ancaman saja loh genk. Mereka benar-benar memutuskan layanan listrik kalau kita telat bayar. Kalau PLN-nya yang tidak profesional dengan mematikan listrik sewaktu-waktu sesuka hati tanpa konfirmasi, kita tidak bisa apa-apa, selain bersabar. Kalau kita yang telat satu bulan saja, maka layanan listrik akan langsung diputus. 

Berikut ini adalah sanksi keterlambatan pembayaran tagihan listrik 2019:

  • Telat 1 bulan  (Bulan H sudah lewat tanggal 20 ) Maka Segel MCB akan langsung diputus sementara. 
  • Telat 2 Bulan (Bulan H + 1 ) Pemutusan kabel listrik ke meteran
  • Telat 3 bulan (tunggakan lebih dari 2 bulan) PLN akan membongkar meteran
Bila dilihat dari keterangan tersebut PLN sudah bisa mematikan listrik di rumah dengan memutuskan MCB bahkan satu hari setelah tanggal 20. Lihat gambar berikut ini!

sanksi keterlambatan pembayaran listrik

Bandingkan dengan posting-an yang dimuat pln pada Instagram berikut ini! artinya bahkan bila kita telat satu  hari saja, mereka sudah berhak untuk datang kerumah dan mematikan mcb meteran listrik kita.

Sanksi pemutusan layanan listrik
Posting-an @plnjogja di Instagram


Denda Keterlambatan Bayar Listrik 2019

Dan selain dikenakan sanksi pemutusan, pelanggan listrik juga akan terkena sanksi denda bila terlambat bayar listrik. Denda keterlambatan pembayaran listrik dibedakan berdasarkan batas daya (volt) yang digunakan. Semakin besar daya listrik yang digunakan maka denda keterlambatan pembayarannya juga akan semakin besar. 

Berikut ini adalah denda keterlambatan pembayaran listrik:
  • 450 VA dan 900 VA didenda Rp.3000
  • 1300 VA didenda Rp.5000
  • 2200 VA didenda Rp.10.000
  • 3500 VA - 5500 VA didenda Rp.50.000
  • 6600 VA - 14000 VA didenda 3% dari tagihan dan minimum Rp.75000 
  • > 14000 VA didenda 3% dari tagihan dan minimum Rp.100.000
Nah untuk menghindari denda keterlambatan tersebut, silahkan bayarkan tagihan listrik mu tepat waktu setiap bulan. Ingatlah batas waktu pembayaran listrik adalah setiap tanggal 20 setiap bulan. Akan lebih baik bila kamu terbiasa membayar listrik beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo. Itu dia guys informasi seputar batas waktu, sanksi layanan dan denda keterlambatan pembayaran tagihan listrik 2019, silahkan di share ya guys!

Berlangganan via Email