Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Blog Sudah Mobile First Indexing atau Belum

Lebih dari 2 Tahun Google telah memprioritaskan crawling blog/website dengan googlebot Smartphone yang dinamai dengan Mobile first Indexing. Hal ini dilakukan untuk mengikuti trends saat ini, dimana pengguna penelusuran google diakses lebih banyak melalui perangkat smartphone atau mobile device.

Dilansir dari halaman Official Google Webmaster yang membahas topik tentang Mobile first indexing, lebih dari setengan web pages sudah mobile first indexing. Apakah blog kamu sudah mobile first indexing atau masih di index oleh googlebot desktop?

Cara Status Mobile First Indexing di Blog

Cara Mengetahui Blog Sudah Mobile First Indexing atau Belum

Ketika sebuah website sudah Mobile First Indexing otomatis yang melakukan crawling adalah Googlebot Smartphone, bukan googlebot desktop lagi. Jadi untuk mengetahui apakah website kamu sudah menggunakan metode indexing terbaru ini adalah dengan cara memastikan jenis googlebot yang aktif meng-crawling website atau blog kamu. Caranya sangat mudah.
Cara Mengetahui Blog Sudah Mobile First Indexing atau Belum


Berikut ini adalah langkah-langkah cek status blog sudah mobile first indexing atau belum?

  • Buka Google Search Console
  • Klik Inspeksi URL
  • Masukkan URL beranda/Homepage blog kamu dan tekan Enter!
  • Klik Liputan 
  • Lihat tulisan dicrawl sebagai
  • Bila Googlebot desktop maka belum Mobile first indexing
  • Bila googlebot smartphone maka sudah Mobile first indexing
Ketika website atau blog kamu pindah ke Mobile first indexing, google biasanya akan mengirimkan pemberitahuan melalui google search console. Tetapi, bila kamu tidak menerima pemberitahuan, silahkan lakukan cara ini untuk mengetahui status mesin perayap digunakan untuk merayapi blog kamu.

Cara Supaya Blog Menjadi Mobile First Indexing

Dilansir dari Google webmaster, ada dua hal utama yang menyebabkan sebuah website tidak bisa menerapkan mobile first indexing yaitu design website yang tidak responsive dan struktur data berbeda antara mobile dan desktop. 

Kedua hal tersebut harus sejalan. Gunakan template blog yang responsive tetapi struktur data websitenya tidak berbeda antara mobile dan dekstop. 

Blog yang responsive adalah blog yang bagus ketika diakses melalui berbagai jenis device, umumnya adalah desktop, tablet dan Mobile. Ada 4 hal yang paling sering menyebabkan sebuah blog dianggap tidak responsive, sebagai berikut:
  • Teks terlalu kecil pada Mobile view
  • Terdapat element yang dapat diklik terlalu berdekatan
  • Konten melebar melampaui ukuran layar device yang digunakan
  • Area pandang tidak distel sesuai lebar perangkat

Yang dimaksud dengan struktur data harus sama di desktop dan Mobile adalah tidak adanya perbedaan konten bila dibuka dengan jenis perangkat yang berbeda. Harus terdapat data terstruktur yang sama disemua perangkat, Meta data tidak boleh berbeda di mobile dan desktop.