Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Antara Blender vs Pencil 2D dan Synfig 2D - Gila Animasi

Anda tertarik mau belajar animasi tapi masih bingung mau belajar animasi 3D ata animasi 2D atau mau belajar Blender, Pencil 2D arau Synfig Studio yang ketiga-tiganya adalah software animasi open source terbaik saat ini.

Ketertarikan saya untuk memperlajari animasi berawal dari sebuah channel youtube yang menyajikan animasi stick Figure dari channel Alan Becker. Animasi yang dia buat sangat sederhana, tetapi emosi character stick figure-nya sangat terasa.

Kemudian, saya langsung download animasi  2D yang versi android. Karena versi free-nya hanya untuk beberapa layer akhirnya saya beli juga applikasinya. Setelah terbiasa dengan animasi 2d Android, saya menjadi lebih tertarik dengan animasi lainnya.

Saya mulai searching tentang animasi 3D dan menemukan software open source yaitu Blender. Saya langsung install dan membeli paket kursusnya.

Mengenal Blender animasi 3D


Tapi, saya menyerah dalam waktu 1 bulan. Saya mengakui kalau imaginasi saya tentang membuat model sebuah karakter sangat lemah. Saya selalu bisa mengikuti tutorial pada kursus video yang saya beli, saya bisa modeling semua karakter yang disajikan dikursus. tetapi, ketika sudah sampai pada tahap membuat karekater sendiri, saya mulai kewalahan. Misalkan,  saya tahu membuat hewan berkaki empat tetapi kesulitan untuk  memberikan pewarnaan  yang pas untuk menunjukkan itu hewan apa.

Yang paling sulit untuk dipelajari di blender adalah tahap modeling-nya. sementara, untuk animasinya, animasi 3d jauh lebih mudah dibandingkan dengan animasi 2d. Karna setelah model karakter sudah selesai, karakter 3d animasi sudah bisa di atur sesuka hati layaknya benda.

Kalau kamu bertanya berapa lama waktu yang pas untuk memperlajari animasi 3d di blender sampai mahir. Tidak ada jawaban yang pas untuk pertanyaan itu, blender adalah software animasi 3D yang tidak terbatas, artinya seorang pakar atau bahkan pihak-pihak development dari blender saja tidak bisa mencapai titik maksimal kreativitas di blender. Pihak developer sendiri mengatakan kalau seseorang akan menemukan cara yang berbeda-beda untuk membuat sebuah animasi dan mengembangkan ide gilanya terus menerus.

Bila hanya untuk membuat model bola saja itu sangat gampang, tidak butuh 1 jam untuk memperlajarinya, tetapi bila sudah bertermu dengan modeling yang sulit seperti membuat minyak yang tumpah kemudian mengalir dan bergabung bersama air, hal-hal seperti itu memerlukan imaginasi yang kuat.

Kelebihan blender 3D animasi 

Selain karena blender adalah software open source atau benar-benar gratis 100%, blender adalah software animasi 3d yang sangat bersahabat. Kamu tidak memerlukan spesifikasi computer yang canggih untuk menginstal blender. Bahkan, hanya dengan RAM 2 Gb saja, kamu sudah bisa menggunakan blender dengan mulus.

Blender itu sangat luar biasa, kamu bisa melihat ribuan animasi keren yang dibuat dengan blender di Youtube. Dan satu lagi kelebihan blender adalah kamu bisa menemukan ribuan video tutorial di youtube. Jadi kamu tidak harus memberli video kursus.


Mengenal Software Animasi Pencil 2D

Saya awalnya tertarik untuk mendalami software pencil 2d. Tetapi setelah saya mencari tahu lebih banyak mengenai software 2d yang paling bagus untuk yang tidak bisa menggambar, saya memutuskan untuk berhenti.

Pencil 2d adalah software animasi 2d open source yang paling bersahabat. Kamu juga bisa menemukan ribuan video tutorial mengenai pencil 2d di youtube.

Bila kamu ingin mempelajari Pencil 2d secara mendalam, maka kemampuan melukismu dan membayangkan sebuah karakter sangat diperlukan.

Bila kamu tidak terlalu pandai untuk melukis tetapi masih sangat ingin untuk memperlajari animasi 2d maka saya sarankan supaya kamu memperlajari synfig.

Mengenal Synfig Software Animasi 2d

Synfiq itu seperti software animasi 2D yang multiguna. Karena dengan menggunakan software synfig kamu bisa membuat sebuah animasi cutout dengan sangat mudah.

Kamu tinggal mencari gambar-gambar karakter yang ingin kamu jadikan karakter animasi 2d kamu, kemudian potong gambar-gambar tersebut menggunakan software KRITA dan simpan dalam bentuk PGN tanpa background.

Kamu bisa mengimport gambar-gambar tersebut ke Synfig dan mengambungkan mereka kembali di synfig. Setelah gambar digabungkan, kamu hanya perlu memberikan tulang kepada bagian-bagian tubuh dari karakter tersebut. Setelah diberikan tulang, kamu sudah bisa menggerakkan mereka layakanya animasi 3D.

Membuat Animasi 2d di Synfiq menggunakan KeyFrame, jadi kamu tidak harus membuat puluhan gambar untuk membuat satu scene animasi. Misalkan bila kamu menggunakan pencil 2d untuk membuat karakter berjalan, maka kamu harus membuat beberapa layar kemudian menyusunnya dan memutarnya menjadi sebuah scene animasi.

Di synfiq kamu hanya perlu memindahkan keyframe ke waktu tertentu dan memindahkan karakter kamu di canvas sesuai dengan tempat yang kamu inginkan, secara otomatis Sinfiq akan membuat perjalan yang sangat mulus dari titik 0 frame ke titik frame yang kamu inginkan.

Kekurangan Synfig

Sinfig masih sering nge-lag dan kamu akan sangat kesulitan untuk mendapatkan video tutorial gratis yang bagus. Jadi Synfig memang adalah software yang open source tetapi para developer tidak memberikan video pelatihannya dengan gratis.

Sebenarnya video tutorial synfig tidak mahal, bahkan sangat murah, kebanyakan video tutoriallnya hanya dihargai $1. Saya  hanya membeli video dasar-dasarnya saja, dan lainnya saya pelajari sendiri tanpa video dengan menggunakan bantuan wiki.synfiq.org.

Berlangganan via Email