Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rata-Rata Harga Kost di Jakarta Selatan, Manggarai, Karet dan Tanah Abang

Gambar Kota Jakarta Selatan

Saya sudah pindah kost 4 kali sejak Tahun 2012. Harga Kost di Jakarta selatan sangat bervariasi mulai dari sekitar Rp.500.000/Bulan sampai Rp.3.600.000.


Harga Kost di Jakarta Selatan (Manggarai)

Gambar Kota Manggarai Jakarta

Tahun 2012 Ketika saya tiba di Jakarta, saya langsung mencari Kost di Mangarai karena saya kerja di Landmark BNI. Jadi sekali naik Trans Jakarta langsung sampai.

Beruntung saat itu, ada sebuah hotel yang sudah berhenti beroperasi dan mau di jadikan kost-kostan. Tempatnya pas dipinggir jalan dan tidak jauh dari Halte Bus way Mangarai. Mungkin sekitar 500 Meter sebelum Stasiun Mangarai, sebelum jembatan kalau dari arah landmark BNI.

Saya adalah penghuni pertama di Hotel berlantai 4 Itu, setelah beralih fungsi menjadi kost-kostan. Di sana ada sekitar 50 Kamar yang kosong. Dan tempat itu hanya di jaga oleh seorang Bapak-Bapak yang sudah tua.

Pertama sekali Harga Kostan yang saya Bayar adalah Rp.500.000 dengan fasilitas yang sangat bagus. Ada kamar mandi, kipas, lemari pakaian, kasur dan perlengkapan tidur.

Tetapi, malam pertama saya menginap di sana. Saya merasa seperti mengasihani diri sendiri. Di sana sangat menakutkan dan terasa seperti tempat perkumpulan mahluk-mahluk kasat mata. Bangunan sebesar itu hanya dihuni oleh saya sendiri, saya di Lantai 3. Masih ada satu lantai di atas saya, dan dua lantai di bawah. Sementara bapak yang jaga ternyata tidur di rumahnya tidak jauh dari tempat itu.

Saya sebenarnya bukan tipe orang yang terlalu penakut, tapi saat itu saya benar-benar tidak bisa tidur.

Hanya dalam waktu seminggu, kamar-kamar di lantai 3 pun mulai di isi. Kebanyakan yang isi adalah pasangan. Saya tidak tahu apakah orang-orang itu sudah menikah, tetapi mereka datang malam jam 8 dan biasanya akan keluar lagi sekitar jam 12 atau jam 1.

Kamar di sebelah kiri saya selalu mengeluarkan suara yang keras. Mereka tidak pernah peduli dengan orang lain di sebelahnya, desahan, teriakan, saya sudah biasa mendengarnya saat itu.

Bulan kedua, setelah penghuni bangunan itu mulai banyak harga kost-kostan naik menjadi Rp.850.000

Harga Kost di Jakarta selatan Perumahan padat depan City Walk (karet)

Gambar Kota City Walk Jakarta

Karena harga kostan di mangarai semakin mahal, saya memutuskan untuk pindah dan mencari kost di arah depan City Walk.

Perumahan di sana masih banyak yang kumuh. Apalagi kalau hujan, perumahan kumuh itu pasti akan banjir. Harga kost-kostan di sana Rp. 500.000/Bulan


Harga Kost di Jakarta  dekat stasiun Karet (Tanah Abang)

Gambar stasiun Karet Jakarta

Saya pindah ke Tahan Abang pada Tahun 2016. Saya kost di dekat stasion Karet setelah jembatan kalau dari arah kuburan karet menuju Pasar Tanah abang.

Di sana saya membayar kost seharga Rp. 750.000 tanpa kamar mandi, Bahkan dindingnya juga masih semi permanent dan sebagian terbuat dari triplek.

Harga Kost-kostan di sekitar Jakarta Selatan 

Dari pengalaman sendiri dan dari info teman-teman, harga kost-kostan di sini rata-rata Rp.800.000 untuk kategori yang standard.

Kalau di bawah Rp. 800.000 atau sekitar Rp.500.000 - Rp. 700.000  bisa saja kamarnya bagus, tetapi lingkungannya atau gang masuk ke kostan tersebut sangat memprihatinkan. Tetapi, ada juga orang-orang yang bernasip baik, terkadang menemukan kostan yang bagus dengan harga yang murah.

Harga Kost di jakarta selatan yang bisa membuat kita sangat nyaman adalah Kost dengan harga Rp. 1.500.000/Bulan.

Kalau yang kostan yang cukup mewah atau sudah pasti enak untuk ditempati adalah kostan dengan harga 2.5 juta sampai 3.5 Juta/Bulan.

Kunci sukses mencari kost-kostan di jakarta adalah sabar dan banyak bertanya saat berkeliling. Sebaiknya tanya juga teman-teman di kantor, siapa tahu mereka punya referensi atau malah ditawari satu kos.






Berlangganan via Email