Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan - Panduan Lengkap

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum bisa mengajukan klaim saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, Diantaranya, Buat akun, Cek saldo dan status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan yang terakhir adalah cara klaim saldoo JHT BPJS ketenagakerjaan. Untuk lebih lengkapnya perhatikan Ilustrasi di bawah ini!

Buat Akun BPJS Ketenagakerjaan

Anda harus memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan, silahkan lihat gambar atau klik link registrasi BPJS di bawah ini.

Gambar Ilustrasi 1 Cara buat Akun BPJS Ketenagakerjaan

Langkah Pertama untuk proses pembuatan Akun BPJS ketenagakerjaan adalah Masuk ke website Resmi BPJS Ketenagakerjaan. Klik Di SINI.




Gambar Ilustrasi 2 Cara buat Akun BPJS Ketenagakerjaan
Bila anda Klik Link Di Atas Anda akan Langsung masuk Ke menu pengisian data seperti gambar di bawah ini!




Gambar Ilustrasi 3 Cara buat Akun BPJS Ketenagakerjaan

Masukkan semua data-data yang diminta dengan data yang benar, nomor kjp yang 14 digit (biasanya) dan terdapat pada bagian depan kartu anda. Masukkan Nomor handphone, email yang masih aktif dan bisa dijaungkau. Masukkan Kode Keamanan dan Setujui persyaratan dengan memberikan tanda centang. selanjutnya klik summit



Gambar Ilustrasi 4 Cara buat Akun BPJS Ketenagakerjaan
Setelah anda klik summit akan muncul pop up permintaan PIN, silahkan masukkan PIN yang dirimkan ke email atau sesuai dengan pilihan yang anda buat.

Masukkan Kode PIN dan Klik Aktivasi.
Selanjutnya, silahkan Lakukan Login Kembali untuk bisa melakukan pengecekan Saldo BPJS ketenagakerjaan (JHT)


Cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan


Gambar Ilustrasi 1 Cara Cek Saldo  BPJS Ketenagakerjaan
Klik Login dan masukkan alamat email beserta Kode Pin akun BPJS Ketenagakerjaan yang sebelumnya sudah anda buat.




Gambar Ilustrasi 2 Cara Cek Saldo  BPJS Ketenagakerjaan
Setelah masuk ke applikasi atau akun BPJS ketenagakerjaan, di sana akan ada 4 pilihan menu utama yaitu, rincian saldo JHT, Cek saldo JHT, Klaim saldo JHT dan Simulasi perhitungan.
Untuk melakukan pengecekan Saldo JHT BPJS ketenagakerjaan, Silahkan klik Cek Saldo.




Gambar Ilustrasi 3 Cara Cek Saldo  BPJS Ketenagakerjaan
 Anda akan masuk ke halaman seperti yang terlihat pada gambar di atas. Di sini akan ada informasi lengkap mengenai akun kepesertaan anda. Akan ada gambar kartu yang berisi nama dan nomor kartu JHT BPJS Ketenagakerjaan yang anda pegang.



Gambar Ilustrasi 4 Cara Cek Saldo  BPJS Ketenagakerjaan
Beberapa data yang bisa anda lihat pada halaman ini adalah seperti jumlah saldo, Nama, Program Jaminan, Tanggal Kepesertaan, Nama perusahaan, jumlah Karyawan perusahaan. STATUS KEPESERTAAN, Gaji terakhir, Iuran terkahir dan lain-lain.

Yang harus anda perhatikan adalah info status kepesertaan. Saldo JHT BPJS ketenagakerjaan baru bisa diklaim apabila status kepesertaan anda sudah tidak aktif.


Cara Klaim Asuransi BPJS Ketenagakerjaan Online (Saldo JHT)


Gambar Ilustrasi 1 Cara Klaim Saldo JHT  BPJS Ketenagakerjaan
Langkah Pertama untuk proses Klaim saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan masuk ke menu Klaim saldo JHT. Klik Klaim Saldo JHT!



Gambar Ilustrasi 2 Cara Klaim Saldo JHT  BPJS Ketenagakerjaan
Pilih Nomor KJP yang ingin anda klaim apabila anda  memiliki lebih dari 1 kartu BPJS ketenagakerjaan dengan Nomor yang berbeda.
Klik Ajukan Klaim dan Pilih Jenis klaim atau Alasan anda berhenti bekerja.



Gambar Ilustrasi 3 Cara Klaim Saldo JHT  BPJS Ketenagakerjaan

Isi semua data yang diminta dan lampirkan dokumen- dokumen seperti informasi pada gambar di atas. Setelah semuanya lengkap silahkan klik Simpan!



Gambar Ilustrasi 4 Cara Klaim Saldo JHT  BPJS Ketenagakerjaan
Biasanya anda akan menerima notifikasi atau undangan verifikasi ke kantor layanan cabang bank BPJS yang paling dekat dengan Lokasi anda. Pada Notifikasi tersebut akan ada informasi mengenai waktu verifikasi.




Gambar Ilustrasi 5 Cara Klaim Saldo JHT  BPJS Ketenagakerjaan


Sebelum anda ke kantor cabang, pastikan semua dokumen yang dibutuhkan di foto copy. Setelah di Foto Copy silahkan mengunjungi kantor layanan BPJS Ketenagakerjaan.


Gambar Ilustrasi 6 Cara Klaim Saldo JHT  BPJS Ketenagakerjaan

Bila proses verifikasi dokumen berjalan lancar, maka dana sudah akan ditransfer ke rekening anda paling lama 5 hari kerja dari hari verifikasi.

Demikian informasi lengkap mengenai Cara registrasi atau buat akun BPJS Ketenagakerjaan, Cara cek saldo dan cara Klaim Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan secara Online. Bila kamu punya pertanyaan silahkan tuliskan di Kolom Komentar.

Berlangganan via Email