Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Cooling Off Periode Pada Asuransi

Cooling off Periode pada asuransi adalah masa atau jangka waktu yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada pemegang polis untuk mempelajari dan mempertimbangkan keputusannya untuk membeli dan melanjutkan pembayaran premi.

Misalkan Bila perusahaan AXA mandiri memberikan Cooling off periode selama 25 Hari untuk salah satu produk asuransi mereka.

Maka nasabah yang sudah melakukan pembayaran premi dan sudah mendapatkan polis AXA Mandiri tersebut berhak untuk memperlajari polis selama 25 hari dan berhak untuk membatalkan polis dalam waktu 25 hari dan berhak untuk meminta pengembalian premi yang sudah dibayarkan dalam waktu 25 hari juga.

Kalau sudah lebih dari 25 hari atau sudah melewati masa cooling off periode yang diberikan oleh perusahaan maka bila pemegang polis membatalkan asuransi, perusahaan asuransi tidak berkewajiban untuk mengembalikan premi yang sudah dibayarkan atau sesuai dengan keputusan yang sudah disepakati terkait syarat dan ketentuan yang berlaku pada produk asuransi tersebut.