Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Hal yang harus Dipertimbangkan sebelum Membeli Asuransi

Pastikan untuk membaca ini sebelum anda membeli produk asuransi dari sebuah perusahaan. Pilihlah perusahaan asuransi yang baik!

Gambar tips Memilih Perusahaan Asuransi Yang Baik

1. Tanyakan secara detail mengenai Mamfaat Perlindungan asuransi tersebut

Anda Harus memastikan kondisi apa saja yang akan mendapat mamfaat perlindungan. Siapa saja yang berhak untuk mendapat mamfaat perlindungan. Misalkan untuk asuransi Kesehatan, apakah anggota keluarga seperti Istri dan anak akan dijamin atau hanya anda sebagai pemegang Polis.

Atau untuk asuransi kendaraan, apakah hanya pemegang polis yang bisa mendapatkan jaminan perlindungan atau pihak ketika (misalkan Orang yang ditabrak) mendapatkan jaminan perlindungan.

Tanyakan dan pahami syarat ketentuan atau jenis perlindungan yang diberikan, misalkan untuk asuransi jiwa, mungkin ada beberapa kondisi dimana asuransi tidak bisa di klaim. Atau untuk asuransi kesehatan, mungkin ada jenis penyakit tertentu yang tidak akan dicover. Atau untuk asuransi Mobil apakah Jaminan perlindungan yang diberikan adalah untuk Total Risks?

Tanyakan Juga:

  • Jenis-jenis mamfaat atau Program reward, promo dari asuransi yang akan anda ikuti.
  • Tanyakan prosedur klaim dengan jelas dan dokume apa saja yang diperlukan.

Perusahaan asuransi yang baik harus mampu menjelaskan mengenai mamfaat perlindungan produk asuransi mereka secara mendalam.

2. Ketahui Besar dan Metode pembayaran Premi

Sebelum memnyetujui untuk bergabung dengan sebuah asuransi, pastikan untuk mengetahui berapa premi yang harus anda bayarkan.

Bagaimana metode pembayaran premi tersebut, apakah bulanan, semesteran atau tahunan.
Apakah ada kelonggaran (grace Period) pembayaran bila pemegang polis tiba-tiba pada kondisi financial yang kurang baik.

Anda juga harus mengetahui apakah asuransi yang anda ikuti merupakan tipe asuransi yang menggunakan NO Claim Bonus, atau pengembalian total premi yang sudah dibayarkan apabila tidak terjadi klaim dalam waktu tertentu.

Bila anda ingin mendebet kartu kredit anda otomatis setiap bulan untuk pembayaran kartu kredit tersebut, tanyakan prosedur pembatalan otomatis? apakah anda bisa membatalkan penagihan dari kartu kredit anda sewaktu-waktu?

Perusahaan asuransi yang baik harus mengetahui dan mampu menjelaskan besar premi, prosedur yang berhubungan dengan pembayaran premi.

3. Pelajari Background Perusahaan Asuransi !

Lakukan penelitian kecil-kecilan untuk mengetahui profil perusahaan asuransi tersebut. Berapa lama asuransi tersebut sudah berdiri di Indoneisa? Apakah perusahaan itu sudah terkenal, apa saja produk asuransi yang mereka terbitkan. Apakah perusahaan itu adalah anak perusahaan lain atau apakah itu adalah perusahaan asuransi dari luar yang buka di Indonesia?

Perusahaan asuransi yang baik bisa dilihat dari catatan-catatan survey atau mencari artikel yang berhubungan di media terkenal seperti Forbes.

4. Cari Tahu pengalaman orang yang sudah terlebih dahulu bergabung !

Anda bisa menanyakan teman anda yang sudah terlebih dahulu bergabung. Atau bila anda tidak punya teman untuk diinterview, coba cari di internet dengan keyword, 'Surat pembaca + Nama perusahaan Asuransi' atau 'Complain + nama Perusahaan asuransi.'

Perusahaan Asuransi Yang baik akan memiliki lebih sedikit komplain konsumen di media Konsumen.

5. Bandingan Produk asuransi pada perusahaan tersebut dengan produk yang sama di perusahaan asuransi yang lain.

Sebelum anda akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah produk asuransi, sangat disaranan untuk melakukan penelitian kecil-kecilan mengenai produk yang sama dari perusahaan asuransi lain.
Anda bahkan bisa melakukan perbandingan sampai hal-hal terkecil seperti, perusahaan asuransi mana yang memiliki kantor pelayanan di lokasi anda. Atau berapa kantor pelayanan yang mereka miliki di kota anda.

Apakah layanan call center perusahaan tersebut Online 24 jam? Bagaimana dengan sosial media seperti Facebook atau twitter, coba kirimkan message, apakah mereka merespon atau tidak.


6. Pahami Keseluruhan Informasi pada Polis anda

Bila anda menemukan hal-hal yang tidak dimengerti atau janggal pada polis yang anda terima, segera hubungi asuransi tersebut.

7. Ketahui Masa berlaku mamfaat perlindungan

Tanyakan sampai usia berapa anda berada dalam perlindungan, apakah ada kemungkinan perpanjangan usia perlindungan dan lainnya.

Berlangganan via Email