Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Cara Efektif Mengurangi Lemak di Perut Pria dan Wanita

Lemak di perut tidak hanya membuat baju kita terasa sempit.

Tetapi, lemak itu juga bisa berbahaya.

Lemak di perut sangat berkaitan dengan penyakit diabetes, penyakit jantung dan berbagai macam jenis penyakit lainnya.

Walaupun menghilangkan lemak di perut adalah hal yang sulit. Tetapi ada beberapa cara efektif yang bisa anda lakukan.

Ini adalah 20 Cara efektif untuk menghilangkan lemak di perut menurut para ahli yang khusus mempelajari hal ini.



1. Sering mengkonsumsi Makanan yang seratnya bisa larut.

Makanan-makanan ini disebut juga dengan Soluble Fiber. Contoh makanan yang seratnya akan larut adalah kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong kering, apel dan lain-lan. (cari makanan jenis Saluble Fiber di Google)

Jenis makanan ini akan membantu mengurangi lemak di perut karena sudah terbukti kalau makanan ini memiliki kemampuan untuk menyerap menyerap cairan jahat di dalam tubuh.

Selain itu, makanan yang satu ini akan membuat anda merasa kenyang dan tidak tertarik lagi untuk konsumsi makanan yang lain.



2. Hindari makanan yang mengandung Asam lemak Tak Jenuh (Trans Fats)


Lihat contoh makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh pada gambar.

Lemak tak Jenuh yang terkandung pada makanan tersebut juga sangat rentan menyebabkan penyakit peradangan, penyakit jantung dan yang paling utama untuk diketahui lemak tak jenuh tersebut adalah penyebab menimbunnya lemak di dalam perut.

Sebuah percobaan terhadap seekor monyet menyimpulkan, kalau monyet yang mengkonsumsi lemak tak jenuh selama enam tahun memiliki lemak perut lebih banyak 33% dibandingkan dengan monyet yang tidak mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak tak jenuh.

Untuk membantumu menghindari jenis makanan ini, selalu baca komposisi makanan yang hendak kamu makan dan hati-hati dengan makanan yang mengandung Lemak tak jenuh ini.



3. Jangan terlalu sering minum Alkohol

Menurut ahli gizi, alkohol adalah jenis minuman yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami Obesitas atau kelebihan berat badan, Termasuk mengakibatkan penimbunan lemak di perut.

Dengan mengurangi atau berhenti minum, secara otomatis lemak perut akan mulai berkurang dari dalam tubuhmu.



4. Konsumsi Makanan Yang punya kandungan Protein Tinggi


Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein tinggi akan membantu tubuhmu untuk meningkatkan proses metabolik makanan. Bahkan, bisa membantu tubuhmu untuk membentuk otot serta mengurangi berat badan.

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi memiliki lemak perut yang jauh lebih sedikit.

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging, dada ayam, kacang-kacangan, sayur hijau, susu, ikan, dan telur.



5. Hindari hal-hal yang membuatmu stress


Menurut penelitian, stress bisa mengakibatkan penimbunan lemak di sekitar pinggangmu. Bahkan para ilmuan ini menegaskan bila seseorang ingin mengurangi berat badan, maka langkah pertama yang harus dilakukan orang tersebut adalah mengurangi stress.

Kamu bisa mengurangi stress dengan cara berolah raga atau bahkan dengan cara meditasi.



6. Jangan Terlalu sering makan makanan yang mengandung banyak gula 


Jenis makanan ini bisa mengakibatkan diabetes, obesitas dan bahkan memunculkan lemak di hati.

Penilitian sudah membuktikan bahwa kandungan gula yang tinggi bisa mengakibatkan penimbunan lemak di perut.



7. Olahraga Cardio/Aerobik


Olahraga adalah hal yang tidak bisa kamu sepelekan apabila ingin mengurangi lemak di dalam perut. Bahkan secara tidak langsung olah raga akan membuatmu lebih sehat dan memunculkan otot dalam tubuhmu.

Penelitian membuktikan bahwa melakukan olahraga sekitar 300 menit/Minggu jauh lebih baik untuk mengurangi lemak di perut dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan cardio/aerobic selama 150 Menit/minggu.



8. Kurangi konsumsi Karbohidrat


Nasi adalah salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat. Atau silahkan cari apa saja jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Anda bisa menganti konsumsi karbodhidrat dengan mengkonsumsi Sayur-sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.



9. Ganti minyak yang memiliki lemak tinggi dengan Minyak kelapa (coconut oil)


Coconut oil adalah jenis makanan yang memiliki lemak yang paling sehat.

Menurut penelitian, untuk mengurangi penimbunan lemak diperut seseorang sebaiknya mengkonsumsi minyak kelapa sekitar 30 ml perhari.

Hasil percobaan terhadap seorang pria yang rutin mengkonsumsi coconut oil selama 12 minggu mengakibatkan perut buncinya menurun hingga 3 cm.


10. Olahraga Angkat Beban


Olah raga angkat beban akan membantu tubuhmu untuk membakar lemak dan dipastikan akan mengurangi berat tubuhmu. Selain menyehatkan olah raga angkat beban juga akan membuat badanmu lebih profesional karena pertumbuhan otot.



11. Hindari minuman manis berbahan Gula


Menurut penelitian, minuman manis yang berbahan gula bahkan lebih bahaya dengan makanan yang mengandung gula. Minuman manis yang mengandung gula bisa mengakibatkan penimbunan lemak di dalam tubuh,



12. Tidur yang cukup


Biarkan tubuhmu melakukan proses metabolisme dengan baik. Kurang tidur tentu bisa membuat makanan yang dikonsumsi tidak dicerna dengan baik. Tidur yang baik menurut para peneliti adalah sekitar 7 Jam.



13. Makan Ikan berlemak sekali seminggu


Ikan berlemak adalah makanan yang kaya akan protein dan Omega 3. Kandungan makanan ini akan menjagamu dari berbagai serangan penyakit termasuk serangan jantung.

Penelitian menyimpulkan bahwa orang yang sakit karena munculnya lemak di area liver bisa sembuh dengan cara sering mengkonsumsi ikan berlemak.

Akan jauh lebih baik bila bisa mengkonsumsi 2 sampai 3 kali ikan berlemak dalam seminggu.


14. Berhenti Mengkonsumsi Jus Buah


Jus Buah mengandung banyak gula dan minuman yang satu ini tidak akan membantumu untuk menjadi lebih kurus. Jus buah akan menimbulkan timbunan lemak di perutmu.

Untuk mengurangi lemak perut cobalah mengkonsumsi lebih banyak air putih atau air dingin yang tidak ada pemanisnya atau konsumsi lemon juga baik.



15. Praktekkan Puasa Penuh


Menurut penelitian puasa penuh adalah cara yang baik untuk menguruskan badan dan menghilangkan lemak di perut.

Puasa yang baik adalah berpuasa 24 Jam satu atau dua kali dalam seminggu. atau paling tidak puasa 16 Jam untuk yang tidak kuat 24 Jam.

Orang lain mengenal istilah ini dengan nama Intermittent Fasting.



16. Minum Teh Hijau


Telah terbukti bahwa selain bisa menyegarkan pikiran, teh hijau juga bisa membantu proses metabolisme tubuh kita. Dengan minum teh hijau proses metabolisme tubuh kita akan jauh lebih cepat.

Berlangganan via Email