Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fasilitas di Taman Ismail Marzuki Jakarta untuk Kamu yang Cinta Pendidikan

www.jakartavisitorguide.blogspot.co.id
Fasilitas Taman Ismail Marzuki

Untuk kamu yang penasaran dengan fasilitas Taman Ismail Marzuki. Jakarta Visitor help telah merangkum informasi lengkapnya khusus untuk Kamu. 

10 Fasilitas di Taman Ismail Marzuki Jakarta

  1. Gedung Graha Bakti
  2. Gedung teater Jakarta
  3. Teater Kecil Taman Ismail Marzuki
  4. Galeri Cipta 
  5. Institute Kesenian Jakarta
  6. Planetarium
  7. Ruang Latihan
  8. Pusat Dokumentasi Sastra H.B Jasssin
  9. Perpustakaan Daerah
  10. Toko buku Jose Rizal


Gedung Graha Bakti Taman Ismail Marzuki

Gedung Graha Bakti adalah sebuah gedung yang memiliki kapasitas sekitar 800 Kursi. Gedung ini biasanya digunakan untuk keperluan berbagai acara pertunjukan termasuk Konser musik, Drama atau Teater, dan pertunjukan seni lainnya,

Selain memiliki kapasitas yang cukup besar Gedung Graha Bakti atau GGB Taman Ismail Marzuki ini juga sudah dilengkapi dengan Sound sistem yang bagus, Pencahayaan bahkan pendingin ruangan. 

Ukuran Luas GBB Taman Ismail Marzuki adalah 15m x 10m  x 6m.



Gedung teater Jakarta Taman Ismail Marzuki

Kamu pasti sudah sering mendengar Gedung Teater Jakarta dari Televisi Yah. Nah, Gedung teater Jakarta adalah salah satu fasilitas di Taman Ismail Marzuki. Gedung ini sangat besar dan bisa menampung ribuan orang. 

Kamu pasti sudah tahukan, apa sih kegunaan gedung Teater jakarta? Selain untuk pertunjukan Teater, gedung ini juga dipakai untuk pertunjukan Konser Musik. 

Gedung ini sudah sangat lengkap loh teman-teman, fasilitasnya sudah sangat memadai untuk keperluan pertunjukan seni apapun.



Teater Kecil Taman Ismail Marzuki

Selain memiliki Gedung Teater Raksasa. Pastinya kita juga memerlukan Gedung teater kecil untuk pertunjukan seni. Nah, untuk melengkapi fasilitas ruang seni, Taman ismail Marzuki juga membangun Teater Kecil yang hanya berkapasitas sekitar 244 orang.

Namun, walaupun lebih kecil! Fasilitas Teater Kecil ini tidak kalah loh dari Gedung Teater Jakarta. Nyatanya, Fasilitas ini sudah dilengkapi dengan Sound Sistem yang mumpuni, Pencahayaan, dan Bahkan hingga ruang-ruang yang dibutuhkan oleh Panitia acara.



Galeri Cipta Taman Ismail Marzuki

Selanjutnya kita ke Galeri Cipta di taman Ismail Marzuki yah Teman-teman. Galeri Cipta di Taman ismail marzuki sangat besar loh. Ruangan ini diperuntukkan buat pertunjukan hasil seni Lukis, Pahat dan ukir. 

Galeri Cipta bisa memuat Ratusan Lukisan dan Patung loh teman-teman. Terdapat dua Geleri yang dinamai Galeri Cipta dua II dan Galeri Cipta III dengan masing-masing kapasitas yang berbeda.

Galeri Cipta sudah dilengkapi dengan fasilitas mumpuni untuk menunjang kesuksesan pertunjukan seni di sana.


Institute Kesenian Jakarta

Institute Kesenian Jakarta atau disingkat dengan IKJ adalah salah satu Fasilitas yang bisa kamu temui di Taman Ismail Marzuki.

Kamu Pasti Kenal dong dengan Iwan Fals. Nah beliau adalah salah satu alumni dari IKJ. Selain Iwan Fals masih banyak lagi loh tokoh-tokoh penting apalagi artis terkenal yang lulus dari IKJ. Misalkan, yang mudah adalah Group Band Naif. 

IKJ itu memiliki 12 Program study Loh dan sudah termasuk 1 Program study untuk pasca Sarjana.
Terdapat tiga fakultas S1 yang pasti semuanya berhubungan dengan kesenian. 

Pokoknya kalau kamu ke IKJ yang kamu lihat adalah orang-orang pecinta seni, mulai dari Seni Musik, Tari, Lukis, Desain sampai seni Perfilm-an.

Kalau kamu penasaran dengan program study Pasca Sarjananya, kira-kira apa yah? Jadi program study pasca sarjana di IKJ hanya satu loh yaitu Pengkajian dan Penciptaan Seni.


Planetarium

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang Planetarium di Jakarta Yah. Nah Itu dia teman-teman, Planetarium Jakarta itu berada di IKJ. 

Planetarium adalah objek wisata pendidikan loh teman-teman. Sama seperti Museum. Bedanya kalau di Museum kita lebih mengenal budaya dan sejarah bangsa. Kalau di Planetarium kita diperkenalkan dengan Teknology Mutahir yang berhubungan dengan Alam semesta.

Kamu juga harus tahu yah teman-teman, Pembangunan Planetarium adalah ide dari Tokoh Sejarah kita yaitu Bapak Presiden kita yang Pertama Bapak Soekarno. 

Pembangunan Planetarium telah menjadi saksi dan tongak sejarah Dunia Saint  dan Teknology di Indonesia. Wah, hebat Bangat Yah!!

Berapa sih, harga tiket Masuk ke Planetarium?
Tenang! Tiketnya sangat terjaungkau Kok Teman-teman. Hanya Rp.7000 untuk anak 2 Tahun sampai kelas 6 SD dan Rp. 12.000 Untuk SMP dan Dewasa.


Ruang Latihan Taman Ismail Marzuki


Terdapat Ruang latihan yang sangat besar di Taman Ismail Marzuki. Ruangan ini digunakan untuk latihan sebelum para aktor pementasan teater tampil di depan publik. 

Selain sangat bersih, Ruang Latihan juga sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang latihan yang mumpuni.

Pusat Dokumentasi Sastra H.B Jasssin

Untuk kamu pecinta sastra Indonesia, Kamu sebaiknya mengunjungi fasilitas di Taman Ismail Marzuki yang satu ini. 

Pusat Dokumentasi Sastra H.B Jasssin dikenal juga sebagai Sastra Dokumentasi Pusat. Fasilitas ini diresmikan langsung oleh Tokoh Sastra Indonesia H.B Jassin Bersamaan dengan Gubernur menjabat saat Itu Bapak Haji Ali Sadikin.

Pusat Dokumentasi Sastra H.B Jasssin adalah satu-satunya Lembaga di Indonesia yang khusus mendokumentasikan Sastra baik Lokal dan sastra dunia.


Perpustakaan Daerah Taman Ismail Marzuki


Bagi Kamu yang suka membaca buku-buku. Kamu bisa datang langsung ke Perpustakaan Daerah di Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Sangking Banyaknya buku yang bisa membuat kamu haus ilmu di sana, perpustakaan ini sampai memiliki 3 Lantai yang semuanya berisi berbagai macam jenis buku.

Untuk kamu yang mau datang ke perpustakaan Daerah Jakara,
Kamu harus datang di Hari Senin sampai Minggu (kecuali Hari Libur Nasional) mulai jam 9 pagi sampai jam 5 Sore.


Toko buku Jose Rizal Taman Ismail Marzuki

Toko buku Jose Rizal adalah Galeri buku Lokakarya Deklamasi yang diresmikan pada Tanggal 27 Juli 1996.

Kamu harus tahu Loh teman-teman, Peresmian Toko Buku Jose Rizal ini adalah ide dari Jose Rizal sendiri. Dan Berkat dibuatnya toko buku Jose Rizal muncullah semangat menulis yang besar di kalangan warga Indonesia pada saat itu.

Kineforum
Kafetaria

Berlangganan via Email