Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Asuransi Kesehatan Itu Sangat Penting

"Setiap orang harus memiliki Asuransi Kesehatan? Aku berkata Setiap orang harus memiliki Jaminan Perlindungan Kesehatan, Aku tidak sedang memasarkan Asuransi." -Dennis Kucinich.

Kata 'Harus' pada kalimat di atas sebenarnya sudah bisa menggambarkan kalau asuransi itu bukan lagi kebutuhan sekunder. Di Kebanyakan negara Modern, Keluarga tanpa asuransi bagaikan hidup tanpa rumah. Begitu pentingnya asuransi, hingga pembelian asuransi menjadi sebuah kewajiban. 
Dengan kata lain, Asuransi adalah Perisai, Pelindung, tabungan, investasi, yang nilainnya sangat penting. 
www.adasuransi.com
Sedang Berpikir apakah asuransi itu Penting

Kenapa Asuransi Itu Penting?

"Sediakan Payung Sebelum Hujan." - Unknown Quotes

Alasan Kenapa anda harus memiliki Asuransi


Asuransi membantu anda merakit kebahagiaan di masa depan. Asuransi Membantu anda menjauhi keputusasaan dimasa depan bila resiko-resiko yang tidak di inginkan terjadi. Asuransi seperti dana yang anda kirimkan untuk dikembangkan, diolah, dan digunakan untuk kepentingan di waktu mendatang.

1. Asuransi Membayarkan Biaya Rumah sakit yang semakin mahal

Saat orang yang sedang sakit berada beberapa hari di rumah sakit, tidak bekerja. Asuransi menjamin semua biaya pengobatannya tanpa harus menguras tabungan yang bisa digunakan paska pemulihan untuk keperluan lain.

2. Asuransi memiliki Nilai Investasi

Investasi bisa berupa santunan atau no claim bonus atau bahkan berupa hasil dari pertumbuhan dana yang anda bayarkan sebagai premi. Anda bisa mendapatkan mamfaat investasi dengan jumlah dana yang lebih besar dimasa mendatang.


3. Asuransi Berjalan terus searah dengan pendidikan anak

Asuransi akan mengiringi perjalanan pendidikan anak-anak sampai mereka mendapatkan apa yang mereka cita-citakan. Asuransi memastikan mereka akan mendapatkan pendidikan bahkan bila pemegang polis atau orang tua mengalami resiko.

4. Asuransi Memastikan Modal Tetap Utuh

Bila sebuah perusahaan atau properti yang  tidak dilindunggi oleh asuransi mengalami kerugian, maka sangatlah susah untuk berdiri kembali. Tetapi mereka yang dilindungi oleh asuransi seperti memiliki modal awal, memastikan mereka bisa berdiri kembali, berjalan untuk memperbaiki kesalahan sebelumnya.

5. Asuransi Memastikan Perlindungan

Perlindungan untuk hal-hal yang anda sayang. Memastikan kebahagiaan, memastikan keadaan mereka, memastikan masa depan yang lebih baik.

www.adasuransi.com
sedang berpikir kenapa agen asuransi terlalu ngotot-source wikihow


Kenapa Orang Indonesia Takut Asuransi

1. Klaim Yang berbelit-belit

Kebanyakan Warga Indonesia menjauhi asuransi karena proses claim yang berbelit-belit. Mereka juga meragukan kepastian mamfaat atau jaminan atau claim yang terkadang tidak dipenuhi sesuai janji perusahaan asuransi dengan cara mencari celah, mencari kekurangan claim, yang akhirnya membuat mamfaat asuransi tidak bisa di claim. 

Cerita berkembang, dari masa-masa remaja, ke masa muda, ideologi tentang asuransi masih tetap sama. Cerita yang dulu, cerita tentang betapa buruknya pelayanan perusahaan asuransi membuat masyarakat enggan bahkan menjadi takut untuk membeli produk asuransi. 

Padahal, Cerita itu adalah cerita dahulu kala. Sekarang sudah jauh berbeda, Perusahaan asuransi sudah di awasi oleh OJK atau Otorisasi Jasa Keuangan indonsesia. Jadi bila 'anda' atau bila pemilik polis asuransi merasa dicurangi bisa langsung melaporkan hal itu kepada asuransi. 

Jadi itulah jawaban untuk anda, bila selama ini, alasan tidak memiliki asuransi karena takut dengan proses claim yang berbelit-belit. 


2. Mitos setelah punya asuransi jadi sering sakit

Pernah dengar kisah satu keluarga yang menjadi sakit-sakitan setelah ikut asuransi. Sebenarnya mereka bukan menjadi sakit-sakitan setelah ikut asuransi. Tetapi, mereka atau keluarga tersebut jadi lebih peduli dengan kondisi kesehatan mereka. Setelah mereka memiliki asuransi yang membantu biaya kesehatan, mereka melakukan proses pemeriksaan mendalam. 

Kata lainnya begini, sebelum mereka memiliki asuransi kesehatan, pengobatan yang mereka lakukan mungkin hanya pengobatan biasa, takut ke rumah sakit karena takut biaya mahal. Takut rawat inap dan pemeriksaan laboratorium karena takut biaya mahal. 

Tetapi, setelah punya asuransi mereka menjadi lebih berani, mereka melakukan pemeriksaan laboratorium dan menemukan kondisi kesehatan mereka. Kebanyakan orang tidak sadar kalau mereka sedang sakit sebelum melakukan permeriksaan penuh. 


3. Ikut asuransi Jiwa berarti Berdoa supaya cepat mati

Tidak ada yang bisa menghindari kematian, kematian pasti datang. Tetapi, dengan mengikuti asuransi bukan berarti seseorang ingin cepat mati. Orang yang mengikuti asuransi jiwa adalah mereka yang sangat peduli dengan keadaan keluarga mereka, dengan memikirkan kalau resiko kematian itu bisa terjadi kapan saja.

4. Tidak mau Agen Dapat Bonus 

Percaya tidak percaya, beberapa orang menolak asuransi karena tidak mau agen asuransi menerima bonus. Faktanya, orang tersebut tertarik dengan produk asuransi yang ditawarkan dan berencana melakukan pembelian lewat jalur lain. Biasanya mereka berencana melakukan pembelian lewat agen yang masih ada hubungan kekeluargaan. Masalahnya, setelah beberapa hari rencana itu dilupakan bahkan mamfaat asuransi yang sebelumnya penting digantikan dengan kebutuhan lain yang tidak terlalu penting.

5. Tidak percaya dengan penjelasan Agen

Agen asuransi masih banyak yang mengenalkan produk dengan cara yang terkesan terlalu memaksakan. Padahal, sebenarnya dengan terlalu memaksakan maka Calon Konsumen semakin kekeh untuk tidak membeli karena semakin tidak percaya dengan mamfaat asuransi yang ditawarkan.

www.adasuransi.com
sedang bingung mau milih asuransi apa- source:123rf

Asuransi Apa Yang Sebaiknya Dimiliki?


Ingat Asuransi Kesehatan adalah produk yang wajib anda atau keluarga anda miliki. Untuk seterusnya, apakah anda harus membeli jenis asuransi yang lain, maka itu harus anda pikirkan dan hubungkan dengan cita-cita anda, cita-cita keluarga anda. Yang Paling penting untuk anda ketahui adalah "Lindungi apa yang paling penting dihidup anda," 


Bila yang paling penting adalah anak-anak, maka selain membelikan produk asuransi kesehatan, anda juga mungkin berpikir untuk membeli jenis asuransi jiwa atau asuransi pendidikan. Dengan asuransi Jiwa atau asuransi pendidikan maka anda bisa memastikan keberlangsungan masa depan anak-anak anda. 

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan memberikan perlindungan terhadap resiko terjangkit penyakit yang menghabiskan biaya besar untuk pengobatannya yaitu dengan membayarkan biaya-biaya yang berhubungan dengan keperluan medis.

2. Asuransi Jiwa 

Asuransi Jiwa memberikan perlindungan. Perlindungan yang dimaksud bisa dalam bentuk investasi atau santuanan yang bisa dimamfaatkan oleh ahli waris.

3. Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan memberikan jaminan perlindungan pendidikan untuk anak-anak anda, memastikan keberlangsungan sekolah mereka dengan bantuan investasi dana pendidikan atau santunan bila terjadi resiko.

4. Asuransi Property

Asuransi Properti memberikan perlindungan ganti rugi bila terjadi Resiko sesuai harga atau berapa persen dari harga properti sesuai dengan perjanjian polis.

5. Asuransi Kendaraan

Asuransi itu bagaikan modal yang disimpan untuk keperluan usaha. Bila usaha mengalami kebangkrutan maka, mamfaat asuransi akan memberikan perlindungannya dengan bantuan dana jaminan yang membuat perusahaan bisa berdiri kembali.

6. Asuransi Usaha

Asuransi Mobil itu bagaikan tombol "Recall" pada game strategi, dimana ketika terjadi resiko kerugian baik itu kerugian total atau kerugian sebagian maka dengan tombol recall, kerugian itu bisa berkurang bahkan sampai 100% atau seberapa persen tergantung perjanjian polis

7. Asuransi Konsumtif

Asuransi seperti jaminan perlindungan produk-produk berharga yang dibelanjakan dengan kartu kredit yang memiliki resiko rusak atau hilang.

www.adasuransi.com
bingung mau beli asuransi online atau langsung ke agen
-source:123rf


Apakah baik Membeli Asuransi Online?

Selama perusahaan yang menjual produk asuransi itu adalah asuransi yang sudah terpercaya maka baik-baik saja. Untuk memastikan apakah perusahaan tersebut adalah perusahaan yang terpercaya dengan memastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK sebagai perusahaan asuransi. 

Kemudian, Pertimbangkan Asuransi apa yang mau anda beli. Misalkan bila anda mau membeli asuransi mobil atau bila assest yang mau dilindunggi adalah asset kecil, pembelian asuransi secara online tentunya tidak jadi masalah. Tetapi, beda kasusnya bila anda mau membeli asuransi Properti dengan nilai asset yang tinggi maka sebaiknya anda harus berbicara empat mata dengan agen asuransinnya.
www.adasuransi.com
sedang bingung memilih perusahaan asuransi


Bagaimana Memilih Perusahaan Asuransi yang benar?

  • Pastikan Nama perusahaan tersebut terdaftar di OJK sebagai perusahaan Asuransi
  • Bandingkan Kualitas Produk beberapa asuransi misalkan persentasi premi dengan besar mamfaat.
  • Bandingkan Jenis-jenis mamfaat yang bisa dicover, Untuk asuransi Jiwa misalkan carilah asuransi yang  tetap memberikan mamfaat untuk resiko yang terjadi karena musibah bencana alam, atau terorisme. Untuk Asuransi Kesehatan, carilah asuransi yang tetap memberikan perlindungan asuransi walaupun sudah dicover asuransi lain. 
  • Sebaiknya Beli asuransi dengan perlindungan NO Claim Bonus atau asuransi yang akan mengembalikan premi anda bila dalam waktu tertentu tidak ada claim.
  • Pastikan asuransi yang anda beli adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap penyakit yang kemungkinan anda atau keluarga alami. Pastikan list-list penyakit yang bisa dicover dan yang tidak bisa dicover.
  • Intinya adalah jangan pernah membeli sebuah asuransi sebelum anda benar-benar memahami produk asuransi tersebut.