Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghitung berapa biaya hidup anak kosan di Jakarta

www.jakartavisitorguide.blogspot.com
meme lucu anak kosan

Biaya hidup di jakarta paling tidak Rp.4.000.000/Bulan Untuk Hidup Normal.

Mahal bangat Mas!

Iya memang iye, gw juga bingung gimana caranya hidup hemat di sini. 


Mas harga Kosan di Jakarta berapa?

Mahal cuy, harga kosan di sini untuk yang kamar mandi Luar dan dinding triplek ukuran 2x3 sekitar Rp.600.000/Bulan. Gw malah pernah ditawarin kosan yang ukurannya cuma segede meja belajar, kalau tidur kaki harus dilipat. Begini ceritanya, Pagi itu gw sedang libur, Ibu kosan gw datang dan mengetuk pintu Kamar kosan gw.

www.jakartavisitorguide.blogspot.com
meme lucu kosan Jakarta

  • Ibu kosan: Selamat pagi Roy
  • Gw: Selamat pagi
  • Ibu Kosan: Ibu hanya mau bilang, mulai bulan ini kosan naik jadi 800 ribu/bulan Yah Roy
  • Gw: Iya. Apppaaaaaa? Triplek loh ini bu, triplek, (gw masih ingat gw agak sedikit meraung waktu itu)
  • Ibu Kosan: yah kalau tidak mau pindah aja, Kan gampang!

Hari itu juga gw langsung ke Arah Karet, gw nyari kosan setengah mati nga dapat-dapat. Hinga pada akhirnya, gw melihat seoarng ibu-ibu sedang menampi beras. kami bertatap mata, rambutnya yang panjang terurai bebas tertiup sepoi angin, ia tersenyum ke arahku.

  • IBU itu: Mau Cari Kosan Yah Nak
  • Gw: Iya IBU
  • IBU itu: Kalau diRumah ibu Mau nga?
  • Gw: (Melihat ke arah rumahnya, yah Allah bukannya sombong yah guys, tapi sumpah itu kayak rumah yang sudah ditempel-tempel kardus, gw bukannya sombong tapi memang sedikit sombong untuk ukuran orang miskin haha, tapi karena udah lelah, gw akhirnya mencoba untuk melihat dulu)
  • IBU itu: Ini nak, masih kosong! (Katanya sambil membuka sebuah pintu yang awalnya aku pikir adalah kamar mandi karena di bawah tangga menuju loteng. 
  • GW: (Berdiri dan memohon ampun pada Yang Maha Kuasa, Ibu itu pikir gw babi kali yah, masa gw ditawarin kosan ukuran 1 x 2 meter dengan harga 450 Ribu/bulan.) Bu bisa dibesarin nga?
  • IBU itu: Yah tidak bisa lah Nak, ini udah ukuran permanent.
  • GW: Tapi kan gw nga muat di sini Bu
  • IBU itu: Yeh anak miskin aja belagu, daripada LOH tidur dibawah jembatan,

Gila itu bagaikan petir membahana menyentak tepat diurat leher gw dan kemaluan gw tiba-tiba putus sangking kuatnya. (emangnya tampang gw miskin-miskin bangat yah, gini-gini gw kerja di XXXX loh, Hahahah sombong). Waktu itu gw langsung berjalan menjauh dari tempat itu dan nga menoleh ke belakang, kalau menoleh gw takut nanti dipikir ibu itu gw telah jatuh Cinta.

Fakta: Tampang kriminal walaupun hati Doraemon (hello kitty terlalu mainstream) mencari kos seperti mencari calon istri susahnya minta ampun.


Mas Makanan di Jakarta Enak nga?

Makanan sih ada yang enak ada yang nga enak. Mungkin kalau makanan yah tergantung selera karena lidah tidak bisa berdusta cuy. 

Ada cerita aneh nga mas waktu mengenai makanan di Jakarta?
Weh ada bangat, ni yah cuy. Gw dulu di kampung kalau makan mie ayam itu selalu pengen nambah, karena mie ayam di Kampung gw memang benar-benar pakai ayam. nih Cerita gw pernah makan mie ayam...
www.jakartavisitorguide.blogspot.com
makanan anak kos meme

  • gw: Mas mie ayam yah
  • Masnya: Oke bos (nga berapa lama kemudian dia ngantar)
  • Gw: (Mencoba melihat isi mangkok yang di sebut mie ayam tersebut, gw bingung dong soalnya gw lihat-lihat kok daging ayamnya nga ada.) Mas, ini lupa masukin daging ayamnya kali yah?
  • Masnya: Oh nga mas, memang ciri khas kita mie ayamnya nga pakai daging ayam.
  • Gw: Nah kok...tapi namanya mie ayam, kok mie Hun semua ini mas?
  • Masnya: Tapi kan dimangkoknya ada gambar ayamnya Mas,
  • Gw: Gw melirik ke ayam Jago berwarna merah di mangkok tersebut, sumpah gw pengen marah tapi pada siapa? pengen gw ambil pisau terus gw potong tuh ayam yang di gambar mangkok, gw sumpahin tuh ayamnya nga pernah berterlur. 

Guys kalau mau jajan apapun di Jakarta sebaiknya tanya harga dulu, gw sering bangat makan sesuatu yang harganya setelah mahal jadi double bukan diskon cuy.

Gw pernah beli aqua gelas di Terminal bus, dengan sok-sok-an ala anak gaul yang kaya gitu, gw langsung buka tuh kulkas di kios-kios sana. Gw ambil satu aqua gelas, gw colokin sedotanya trus gw minum sambil berjalan ke arah Mas-mas yang jagain dan ambil gopekan mau bayar. Gw kasih Gopekanya.

  • Mas-mas tukang jaga kios: Mas, itu harganya 2000
  • Gw: Langsung muntah-muntah dan tidak ada yang pangil ambulan karena gw nga jadi pingsan.

Pernah Lagi gw makan bakso bareng-bareng dengan teman-teman sekantor di arah Monas.
Setelah makan mau bayar ini harganya:

  1. Bakso rasa air putih : Rp.25000
  2. Teh Botol biasa nga pakai emas: Rp. 10000
  3. Dan gw juga beli Rokok yang ternyata harganya : Rp.25000

Waktu itu gw dan kesebelas teman gw pulang dengan diam, kami seakan tidak percaya dengan apa yang baru kami alami. Beberapa dari kami bahkan sampai menangis dan terisak-isak, aku sendiri memandangi gedung paling tinggi karena saat itu sudah ada niat mau mengakhiri penderitaan.

Selain untuk kos dan makan apa lagi pengeluaran Mas?

www.jakartavisitorguide.blogspot.com
meme Kosan mama Kirim Indomie

Biaya Pengamen

Kalau pagi-pagi hujan, kangen kampung halaman, wajah masih ngantuk dalam perjalanan menuju kantor naik metromini. Pengamen datang dan akan menyanyikan lagu hujatan, lagu paling menyedihkan seperti lagu itu benar-benar diciptakan untuk mengoyak-oyak perasaanmu. Begini liriknya,

"Siapa suruh datang Jakarta, siapa suruh datang Jakarta sendiri susah sendiri Rasa, Indonesia,,,," 
Haha Coba deh, kalau lagi dengarin ini lagu langsung pengen berpura-pura kaya, pengen ngasih aja 1 juta sama pengamenya. 


Jenis-jenis pengamen di Jakarta


Pengamen nga niat Nyanyi tapi nyanyi
Pengamen jenis ini cuma berdiri sambil bertepuk tangan dan bibirnya berbisik-bisik entah apa yang ia bilang, kata orang iya sedang bernyanyi. Setelah selesai bernyanyi, ia akan mengeluarkan suara yang ada widget ketegasannya,  "Bapak Ibu Tolong hargai kami-kami, Harta bapak Ibu bukan untuk di Bawa mati, Kami ini Bekerja halal," Pokoknya saat Ia berdiri di dekatmu dengan widget ketegasannya rasanya pengen memberikan dompet dan semua isinya supaya ia segera pergi.


Pengamen Suara Bagus

Jangan salah ada juga yang suaranya bagus, kalau mereka-mereka ini yang benar-benar serius ngamen sih nga apa-apa menurut gw.


Pengamen Dengan ancaman

"Bapak Ibu Hati-Hati kejahatan bisa terjadi dimana-mana, tolong hargai kami, kami masih berniat baik bekerja halal daripada kami mencuri atau merampok" Haha

Pengamen Kaya

Setelah selesai mengamen dengan lagu yang super sedih versi suara ala kadarnya, Pengamen yang biasannya Ibu-Ibu itu akan kebelakang bus dan bertelepon dengan samsung android keluaran terbaru, Begini isi percakapannya di Telepon.

"Pak, bilang sama Bobi (nama anaknya) Supaya Mobil mama dibawa dulu kebengkel yah)
Lu tahu nga saat mendengar itu, uang Rp.2000 yang tadi saya berikan berontak di kantong ibu itu, uang itu menangis dan menjerit-jerit sambil meminta maaf karena telah salah meninggalkan sahabatnya yang miskin.


Pengamen Bisu

Ada Loh, kalau nga percaya tanya aja orang bekasi. Haha.  Tapi nga apa-apa lah, namanya juga berjuang untuk hidup. Tapi aneh juga sih...

Pengamen Marah-marah dan tidak mau dikasihani

Ini dilakukan oleh seorang bapak-bapak waktu gw ke Blok M, suaranya memang bagus dan dia bernyanyi dengan anaknya, tapi setelah ia bernyanyi ia malah emosi dan berkata:
"jangan berikan bila terpaksa, kami tidak butuh dikasihani yah, di sini kami bekerja bukan untuk di kasihani, jadi jangan sampai ada yang memberikan karena terpaksa, kami bukan pengemis, camkan ituuuu" Haha, waktu itu gw mau ngasih tapi duit gw ketakutan dan gemetaran dan masuk lagi ke kantong.


Halah,......

Masih ingat waktu pacaran smp dulu, jaman itu masih pakai surat-suratan, penutup surat pasti ada selalu begini.

(L X K ):P

Lain Kali Kita Perpanjang!