Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukuman Kebiri di Indonesia akan menggunakan aturan potong atau suntik zat kimia?

Hukuman kebiri adalah hukuman yang diberlakukan untuk orang yang melakukan kejahatan seksual dengan memotong organ kelamin atau menyuntikkan zat kimia ke organ kelamin pelaku untuk menghentikan atau mengurangi produksi testosteron.

Pemberlakuan hukuman kebiri di Indonesia sepertinya akan segera terealisasi. Hal ini didukung oleh Komnas Perlindungan anak, Arist Merdeka Sirait yang mengatakan kalau hukuman untuk pelaku kejahatan seksual terutama untuk korban anak-anak masih terlalu ringan. Pemberlakuan hukuman kebiri di Indonesia juga sudah mendapat dukungan dari berbagai instansi pemerintahan, tinggal merampungkan aturan untuk pemberlakuan hukuman jenis kebiri apa yang akan diterapkan di Indonesia.

Hukuman Kebiri Pada masa Zaman Purba


Hukuman Kebiri sudah berlaku sejak zaman purba, bahkan dalam beberapa adat kebudayaan, hukuman kebiri disamakan dengan hukuman mati. Seperti hukuman kebiri yang berlaku pada Kekaisaran Byzantium, hukuman kebiri dillakukan dengan memotong testis dan alat kelamin pria secara keseluruhan hingga akan terjadi pendarahan hebat yang disertai infeksi yang pada akhirnya akan membunuh sipelaku, karena itulah hukuman kebiri pada zaman dulu hampir sama dengan hukuman mati.


Hukuman Kebiri Ala Korea Selatan

Hukuman kebiri di Korea selatan adalah dengan proses suntik zat kimia. Hukuman kebiri di Korea selatan prosesnya adalah dengan menyuntikkan zat kimia yang berfunsi untuk mengurangi hormon testosteron. Hukuman ini diberlakukan untuk pelaku kejahatan yang sudah selesai menjalani hukuman penjara dan proses penyuntikan harus dilakukan satu kali dalam tiga bulan. Pelaku harus datang sekali dalam tiga bulan, kalau pelaku tidak mau disuntik maka akan diganti dengan hukuman penjara.


Kebiri Pada Kuda


Untuk pertumbuhan otot kuda yang lebih bagus maka beberapa pemilik kuda memutuskan melakukan kebiri pada hewan peliharaannya tersebut. Hukaman kebiri pada kuda adalah dengan membelah testis kuda dan mengeluarkan dua buah telornya dari dalam testis, kemudian testis tersebut akan dijahit kembali.

Kebiri pada masa Perang zaman dulu

Menurut Wikipedia, Dahulu kala, Pada zaman peperangan, beberapa prajurit akan memotong kemaluan para prajurit lawan yang telah tewas untuk melambangkan perebutan kekuasaan. Bisa dibayangkan bagaimana seorang prajurit melayangkan pedangnya dan memotong kemaluan lawan yang sudah tergeletak.

Proses kebiri selain sebagai Hukuman


Proses kebiri pada manusia selain sebagai hukuman juga dilakukan untuk penyembuhan atau pencegahan penyebaran Kangker. Proses kebiri dilakukan untuk pengobatan terhadap penderita kangker Prostat.


Selain untuk pengobatan Proses kebiri juga dilakukan oleh orang kasim khususnya Harem sebagai syarat untuk mendapatkan pekerjaan istimewa atau untuk menjadi pegawai birokrasi dan pekerjaan rumahtangga istana.


Proses kebiri juga diakukan oleh kaum transeksual dengan memotong atau menghilangkan alat kelamin laki-lakinya sebelum melakukan pergantian jenis kelamin.

Negara-negara yang sudah menjalankan hukuman kebiri di Dunia

Hukuman kebiri telah berlaku di beberapa negara seperti korea selatan, Amerika serikat, Inggris, Denmark, Rusia, dan juga Australia. Kebanyakan dari negara-negara tersebut menjalankan hukuman kebiri dengan cara suntik zat kimia.
Rencana Hukuman Terhadap pelaku kejahatan seksual pada anak-anak selain hukuman kebiri.


Ada tiga rencana yang akan dijalankan sekaligus sebagai hukuman bagi pelaku kejahatan seksual di Indonesia, Rencana-rencana tersebut adalah:
  • Hukuman Kebiri 
  • Hukuman Social dengan pemberitaan identitas 
  • Hukuaman dengan penanaman Chip yang berfungsi untuk melacak keberadaan pelaku kejahatan setelah keluar dari penjara. 

Bagaimana menurut anda? Hukuman kebiri apakah yang pantas diberlakukan di Indonesia?

Berlangganan via Email